Kamis, 01 September 2016

8 Tips Menghindari Penipuan Online Shop

Jual beli online di zaman digital ini boleh dikatakan sudah menjadi tren bagi semua masyarakat. Sesuatu yang wajar memang mengingat dengan berbelanja secara online kita tidak perlu lagi repot-repot untuk wara-wiri mencari barang yang kita inginkan. Apabila kita ingin membeli sebuah barang, maka kita cukup mencarinya secara online lalu memesannya. Sangat mudah dan praktis, apalagi kini tarif internet sudah semakin murah dan sudah bukan lagi menjadi hal yang mewah.
Meskipun jual beli online sudah banyak membawa dampak yang positif namun ternyata dibalik itu ada dampak negatif yang perlu Anda waspadai. Hal yang dimaksud adalah meningkatnya angka penipuan secara online dengan berbagai macam modus. Maraknya penipuan ini tak boleh kita pandang sebelah mata mengingat sudah banyak korban yang berjatuhan dengan angka kerugian mencapai puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah.
Meski sudah memakan banyak korban, bukan berarti kita tidak bisa mencegah adanya penipuan secara online tersebut. Salah satu caranya adalah dengan selalu bersikap waspada dan selektif dalam memilih toko online untuk berbelanja secara online. Selain itu, sikap waspada dan pengetahuan yang cukup khususnya dalam bertransaksi dengan kartu kredit secara aman mutlak harus Anda kuasai.
Simak beberapa tips berikut ini.

1. Jangan Tergiur dengan Barang yang Murah

Jangan Tergiur Harga Murah
Salah satu strategi penipu untuk memancing korbannya adalah dengan memasang harga barang yang sangat murah daripada harga yang ada di pasaran. Apabila Anda akan berbelanja online dan menemukan suatu toko online yang memasang harga murah, maka Anda wajib untuk tidak mudah tergiur dengan apa yang dipromosikan.
Akan lebih baik lagi jika Anda memilih toko online yang memang sudah terpercaya sehingga transaksi yang Anda lakukan benar-benar tidak berisiko. Apalagi kini juga sudah tersedia situs polisionline.com yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih toko online, jika nantinya terjadi penipuan oleh pihak toko online maka pihak polisionline lah yang akan bertanggung jawab karena mereka bertugas untuk memverifikasi toko online yang sudah terdaftar.

2. Simpan dengan Baik Segala Bukti dan Transaksi

Jangan pernah membuang segala bukti yang berkaitan dengan transaksi seperti bukti percakapan melalui SMS atau juga bukti transfer Anda. Agar lebih aman sebaiknya Anda menyimpan segala bukti tersebut hingga barang yang Anda pesan sudah berada di tangan Anda. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila seandainya Anda menjadi korban penipuan.

3. Jangan Berpatokan pada Testimoni

Jangan Mengandalkan Testimoni
Dahulu, melihat testimoni milik sebuah toko online bisa menjadi acuan Anda ketika akan memilih toko online. Namun sepertinya hal ini tidak berlaku lagi saat ini. Oknum-oknum penipuan sekarang semakin pintar dalam mengelabui para korbannya. Hal ini terbukti dengan banyaknya korban penipuan karena mereka terlena dengan testimoni palsu si penipu.

4. Minta Foto Barang Asli

Dalam beberapa kasus penipuan terdapat berbagai cara dan trik yang dilakukan oleh penipu. Salah satu trik si penipu adalah dengan mengirim barang yang tidak sesuai dengan aslinya, bahkan dalam beberapa kasus si penipu tersebut tidak mengirimkan barang yang di pesan dan hanya mengirimkan kardus kosong kepada si pembeli.
Untuk menghindari hal tersebut, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa gambar barang yang akan Anda beli karena bisa saja penipu tersebut mengambil gambar dari Google. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu meminta foto barang yang akan Anda beli lebih dari satu.

5. Cek Alamat si Penjual

Penipu biasanya tidak mau mencantumkan alamat rumah/tempat usahanya, atau malah sengaja memberikan alamat tapi Palsu. Oleh karena itu, Anda harus cek alamt yang diberikannya melalui teman yang sekota dengan si penjual, atau bisa cek di Google apakah alamat tersebut benar-benar ada.

6. Cek nomor si penjual di google

Penipu online juga mempunyai nomor ponsel yang bisa anda cek di Google. Ketik saja nomor ponselnya disertai dengan kata Penipu. Misal : "0853123456xx Penipu", maka biasanya anda bisa melihat beberapa kasus yang melibatkan dirinya.

7. Waspada terhadap penjual yang masih baru

Biasanya Penipu Online berganti2 Profile, jadi Anda harus lebih waspada terhadap para Member-member yang baru bergabung pada bulan yang sama saat anda membeli.

8. Jangan mudah tergiur dengan diskon dan promo

Tips terakhir yang cukup penting adalah selalu kendalikan diri Anda dan jangan mudah tergiur dengan barang murah atau promosi tertentu. Periksa kembali harga resmi dari barang yang Anda incar di situs jual-beli lainnya.

Jika promo atau potongan harganya terlalu tinggi, sebaiknya Anda waspada. Jangan mudah percaya juga dengan penjual yang memberikan embel-embel barang black market, lolos bea cukai, dan sejenisnya. Selain berpotensi sebagai tindak penipuan, Anda juga akan dirugikan dengan membeli barang tidak resmi.

About the Author

Indonesia Fashion Hunter

Author & Editor

What You See is What You Get

Posting Komentar

 
IndonesiaFashionHunter.com © 2016-2018 | Produced by IndonesiaFashionHunter.com